Rahasia AC Awet dan Hemat Energi: Panduan Lengkap Merawat AC

AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang penting untuk menjaga kenyamanan di rumah. Saat cuaca panas, AC menjadi penyelamat agar kita tetap merasa sejuk dan nyaman. Namun, AC yang tidak dirawat dengan baik dapat mengalami penurunan performa dan menjadi boros energi.

Berikut adalah panduan lengkap merawat AC agar awet dan hemat energi:

1. Service AC Secara Rutin

Service AC secara rutin minimal 6 bulan sekali merupakan kunci utama untuk menjaga performa AC. Teknisi AC akan membersihkan komponen-komponen AC, seperti filter udara, evaporator, dan kondensor. Selain itu, teknisi juga akan memeriksa tekanan freon dan memastikan tidak ada kebocoran.

2. Bersihkan Filter Udara Secara Rutin

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan AC bekerja lebih keras. Oleh karena itu, bersihkan filter udara secara rutin minimal 2 minggu sekali. Anda dapat membersihkan filter udara dengan air sabun atau vacuum cleaner.

3. Gunakan Kipas Angin untuk Membantu AC Mendinginkan Ruangan

Penggunaan kipas angin dapat membantu AC mendinginkan ruangan dengan lebih cepat dan merata. Hal ini akan membuat AC tidak perlu bekerja terlalu keras dan menghemat energi.

4. Atur Suhu AC yang Ideal

Suhu AC yang ideal adalah 22-25 derajat Celcius. Menyetel suhu AC terlalu rendah akan membuat AC bekerja lebih keras dan boros energi.

5. Matikan AC Saat Tidak Digunakan

Mematikan AC saat tidak digunakan merupakan cara yang efektif untuk menghemat energi. Hal ini juga akan membantu memperpanjang usia AC.

6. Gunakan Timer AC

Penggunaan timer AC dapat membantu Anda mengontrol waktu penggunaan AC. Hal ini akan membantu Anda menghemat energi dan mencegah AC menyala sepanjang malam.

7. Gunakan Mode Hemat Energi

Banyak AC yang memiliki mode hemat energi. Mode ini dapat membantu Anda menghemat energi tanpa mengurangi kenyamanan.

8. Hindari Menutup Ventilasi Udara

Ventilasi udara yang tertutup dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan AC bekerja lebih keras. Oleh karena itu, hindari menutup ventilasi udara.

9. Pilih AC yang Hemat Energi

Saat membeli AC baru, pilihlah AC yang hemat energi. AC yang hemat energi memiliki label energi bintang 4 atau 5.

10. Pasang AC di Tempat yang Tepat

Pasang AC di tempat yang tepat, yaitu di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini akan membantu AC mendinginkan ruangan dengan lebih mudah dan menghemat energi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga AC Anda tetap awet dan hemat energi.

Semoga bermanfaat!

Jika Kamu berada di BSD Serpong lagi mencari jasa service AC bisa klikĀ Service AC BSD